Jumat, 05 Oktober 2012

TUGAS SOFTSKIL " ETIKA PROFESI AKUNTANSI"


NAMA           : MUHAMAD IHSAN
NPM               : 26209595
KELAS          : 4 EB 18
MATA KULIAH : ETIKA PROFESI AKUNTANSI
TUGAS
Membuat artikel akuntan publik dan kasus

Pendahuluan
A.    Latar belakang masalah
Berkembang nya profesi akuntan public disuatu Negara, sejalan dengan berkembang nya perusahaan dan berbagai bentuk badan dan hukum perusahaan dinegara tersebut. Jika perusahaan-perusahaan di suatu Negara berkembang sedemikian rupa sehingga tidak hanya memerlukan modal dari pemiliknya, namun mulai memerlukan modal dari kreditur dan jika timbul berbagai perusahaan berbentuk badan hukum perseroan terbatas yang modal nya berasal dari masyarakat, jasa akuntan public mulai diperlukan dan berkembang. Dari profesi akuntan public inilah masyarakat kreditur dan investor mengharapkan penilaian yang bebas tidak memihak terhadap informasi yang disajikan laporan keuangan oleh manajemen perusahaan.
Dari uraian di atas maka saya akan mencoba membahas mengenai contoh kasus yang berkaiatan dengan akuntan public.
B.     Pembahasan
Berikut adalah  kasus yang berkaitan dengan akuntan publik
Seorang akuntan public yang membuat laporan keuangan perusahaan PT.Mandiri Nusantara untuk mendapatkan suntikan atau pinjaman modal senilai 32 milyar dari Bank BNI cabang Bekasi pada tahun 2010, diduga terlibat kasus korupsi dalam kredit macet.
Hal ini terungkap setelah pihak BNI mengungkap kasus dugaan korupsi tersebut pada kredit macet untuk pengembangan usaha di bidanag manufaktur.
Edi susanto kuasa hukum tersangka basuki, pegawai bank BNI yang terlibat kasus, mengatakan setelah klienya diperiksa keterangannya dengan para saksi, terungkap ada dugaan kuat keterlibatan akuntan public dalam kasus ini.
Hal ini pemeriksaan dan keterangan tersangka dengan saksi terungkap pada kesalahan dalam laporan keuangan perusahaan PT. Mandiri Nusantara dalam mengajukan pinjaman ke BNI.
Ada empat kegiatan data laporan keuangan yang tidak dibuat dalam laporan tersebut oleh akuntan publik, sehingga terjadilah kesalahan dalam proses kredit dan ditemukan dugaan korupsinya.
C.    Kesimpulan
Dari kasus  di atas dapat disimpulkan bahwa  perlu adanya pengawasan terhadap aktivitas di perusahaan tersebut, agar tidak terjadi penyelewengan dan penggelapan dan kecurangan terhadap laporan keuangan di perusahaan tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar